Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Laptop Bekas

1 min read

hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas

Membeli laptop second atau bekas merupakan salah satu pilihan saat ini, dimana saat ini perkembangan laptop sangat pesat dan tentunya memiliki harga yang beragam. Pilihan yang terbaik adalah laptop bekas, hal ini dikarenakan budget yang diperlukan cukup minim namun dimungkinkan untuk memilih laptop yang memumpuni.

Namun, ketika Anda hendak membeli laptop bekas maka haruslah teliti. Bila tidak, maka Anda akan rugi karena laptop bekas yang dibeli tiak sesuai dengan yang diharapkan sebelumnya.

Maka dari itu, inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas yang perlu Anda ketahui.

1. Mengecek kondisi fisik laptop terlebih dahulu

Yang pertama adalah disarankan untuk mengecek kondisi fisik laptop terlebih dahulu, hal ini dikarenakan dari kondisi fisik maka kita sebagai konsumen dapat menilai keadaan laptop tersebut. Terlebih lagi keadaan laptop masih mulus dan baru, maka sangat disarankan. Bila menemukan sedikit lecet, aka tentunya dapat dipertanyakan lecet tersebut karena hal apa.

2. Melihat operasi sistem (os) yang digunakan

Seperti yang sudah diketahui bahwa saat ini operasi sistem Windows 7 tidak dapat melakukan update lagi, karena hal tersebutlah maka tentunya sangat dibutuhkan operasi sistem yang lebih terbarukan. Kenapa harus yang lebih baru? coba kita lihat, semakin baru operasi sistem yang digunakan tentu saja keamanan dari operasi sistem tersebut dapat dipercaya.

Kita tahu akhir-akhir ini banyak virus yang bertebaran dan dapat menginfeksi perangkat laptop atau pc, hal tersebutlah yang membuat vendor akan membuat operasi sistem yang dapat menangkal virus-virus tersebut. Semakin baru operasi sistem yang digunakan maka akan semakin baik.

3. Mengecek peforma laptop

Tentunya bila Anda membeli laptop second atau bekas, tentu saja peformanya tidak sebagus ketika masih baru. Hal inilah yang membuat Anda sebagai konsumen harus sangat teliti ketika mengecek peforma dari perangkat tersebut. Cek-lah satu persatu peformanya, dari kecepatan, serta hal-hal yang lainnya.

4. Mencocokan kondisi laptop dengan harga yang akan dibeli

Hal yang paling penting adalah mencocokan kondisi dari laptop bekas tersebut dengan harga, bila kondisi laptop masih cukup baik maka Anda mungkin saja harus membelinya dengan harga yang cukup tinggi. Akan tetapi, bila laptop tersebut memiliki kondisi yang kurang baik maka harga yang ditentukan dapat lebih murah. Hal ini dapat mengurangi resiko-resiko yang mungkin saja dapat terjadi.

5. Mengajak teman yang ahli komputer untuk membantu

Ini merupakan cara alternatif yang dapat Anda pilih, bila Anda tidak terlalu paham dengan masalah komputer namun ingin membeli komputer atau laptop dengan kondisi yang baik maka lebih baik mengajak teman Anda yang mengerti sistem komputer untuk membelinya. Mintalah bantuannya untuk melakukan pengecekan, penawaran harga, serta memilih laptop bekas yang baik untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *