Apa Itu SMTP Server?

1 min read

Apa itu smtp server?

Anda tentunya pernah menggunakan layanan E-Mail bukan? nah, apakah Anda sudah mengetahui apakah itu yang disebut dengan SMPT Server? dalam pembahasan ini, Bicarateknologi.com akan mengulas nih tentang apa itu SMTP Server. Jadi mungkin saja dapat sebagai referensi Anda untuk bacaan pembelajaran.

Apa Itu SMTP Server?

SMTP merupakan singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol , ini merupakan standarisasi internet dalam transmisi email. Bahasa ringkasnya merupakan sebuah protokol yang berfungsi atau berguna untuk berkomunikasi didalam mengirimkan email dari lokal menuju ke server yang digunakan oleh pengguna sebelum akhirnya diteruskan menuju ke server email penerima. Proses ini tentunya dibantu atau dikontrol dengan Mail  Transfer Agent atau MTA.

Protokol Yang Digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa SMTP Server tersebut merupakan protokol, protokol-protol tersebut dibagi menjadi 2 yakni :

A. POP3

POP3 ini berfungsi atau digunakan untuk mengambil email dari server email,ini merupakan sebuah protokol versi terbaru dari protokol standar untuk menerima email dari server. Fungsi dari Post Office Protocol 3 atau POP3 ini adalah untuk mengunduh semua email dari server ke email lokal seperti, Outlook, Windows Mail, Mac Mail, Thunderbird, dan lain sebagainya.

B. IMAP

IMAP merupakan sebuah protokol standar yang digunakan untuk mengakses ataupun mengambil email dari dari server email IMAP, dengan adanya protokol ini maka pengguna dimungkinkan untuk memilih pesan email yang akan digunakan atau diambil, membuat folder di server, mencari pesan email tertentu, serta menghapus pesan email yang ada di dalam server email.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan POP3 dan IMAP

Tentunya antara POP3 dengan  IMAP ini memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing, sebagai berikut

A. Kelebihan Menggunakan POP3

  1. Memungkinkan untuk membuka file attachment dengan cepat.
  2. Bila email sebelumnya sudah diunduh maka untuk membukanya dalam keadaan offline atau tanpa jaringan internet sangat dimungkinkan.
  3. Tidak tersedia limit pengiriman email atau penerimaan email.

B. Kekurangan POP3

  1. File email yang disimpan akan secara otomatis tersimpan didalam memori komputer, bila terdapat banyak file email maka akan memakan banyak ruang penyimpanan komputer.
  2. Komputer rentan terinfeksi virus karena file attachment akan tersimpan langsung di dalam komputer.
  3. Upaya restore atau pengembalian data cukup sulit untuk dilakukan.
  4. Mudah menampilkan email pishing (berbahaya).

A. Kelebihan IMAP

  1. Email dapat diakses dari mana saja, kapan saja, serta dari perangkat apasaja asal terkoneksi di dalam jaringan internet aktif.
  2. Email tidak akan otomatis terunduh, akan tetapi akan mengunduh email yang sudah dibuka saja.
  3. File attachment tidak diunduh secara otomatis, diunduh bila diinginkan saja.

B. Kekurangan IMAP

  1. Memerlukan hosting untuk menyimpannya.
  2. Kapasitas penyimpanan terbatas.
  3. Hanya dapat diakses bila terkoneksi dengan jaringan internet saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *